The journey of 2020 (me version)

Page 366 of 366, a book full of unexpected moments of surprise. Semua orang pasti bakalan setuju dengan kalimat gue barusan kecuali yang bisa nerawang masa depan atau time traveler mungkin udah tahu duluan 2020 bakalan kek gini jadi gak kaget lagi. Kali yaa hahahaha. Buat gue sendiri tahun ini tu bener-bener berasa kek roaler coaster, up and down berasa banget vibesnya. Kenapa ? Ok, let me tell you what has happened to me in 2020.

Setiap awal tahun gue emang gak pernah ngerayain kek orang-orang, nongkrong atau bahkan bakar-bakar apalah itu namanya. Kebayang crowded dan chaosnya, makanya gue lebih memilih kasur lagi kasur (alibi doang sih sebenernya). Pas tahun baru 2020 itu kan beritanya hujan dimana-mana ampe banjir, alhamdulillah gue gak terkena dampak banjir. Cuman ya itu peer banget tiap pulang pergi kerja pake sendal supaya sepatu gak basah. Sayang sepatu dibanding sandal swallow ku hahaha. Mulai lah ni, berita-berita covid dinegara-negara luar tapi dengan santainya Indonesia mengklaim gak bakalan sampe ke Indonesia karena iklim dan cuaca atau apalah itu yang bikin coronce gak bisa ke Indonesia. Aman dong ya berarti, gue juga gak terlalu ngikutin berita ini karena statement diatas. Awal bulan maret, dikasih kejutan dong sama coronce dia datang melalui satu orang dan berkunjung ke orang-orang se-Indonesia eh seluruh dunia. Disini gue baru melek sama berita-beritanya, cari-cari infonya dan mulai tuh setiap weekend bener-bener #dirumahaja. Ampe udah lupa ngerasain AC mall itu kek gimana because hidup gue cuma rumah ke tempat kerja dan sebaliknya.

Gue kira ini kayak wabah DBD gitu yang cuma musiman tapi ternyata makin teruk, kok ya tiba-tiba akses dibatasi, kerja udah mulai mobile dari rumah alias WFH. Meeting ini itu sekarang kudu install aplikasi buat video call mulai dari pake WA, zoom, sampe microsoft team ribet deh pokoknya. Ampe audit yang biasanya touch ke lapangan, sekarang pake video call alias zoom udah kek cameraman gue keliling bawa-bawa tripod dan kamera. New skill is approved. Kenapa lu gak WFH vi ? Mohon maaf industri tempat gue kerja (dulu) dapat ijin dari kementerian untuk lanjoot WFO kita tidak mengenal WFH cuy, cuma antisipasi banget untuk tidak berkumpul dan tetap pake masker ampe disediain masker 5 pcs masing-masing orang plus handsanitizer disetiap sudut bangunan. Kejutan tidak sampai disitu aja, berita PHK dan dirumahkan para karyawan beredar dimana-mana. Tapi yang diberitakan kebanyakan miris-miris gitu dari yang gak dibayar pesangonnya, dipecat sepihak, gaji nya yang gak dibayarlah efek sicoronce ini. Sampai lah pada akhirnya tempat gue kerja (dulu) expand ketempat yang lebih profitable atau bisa dikatakan pindah dan bertepatan dengan maraknya berita banyaknya perusahaan yang bangkrut akibat pandemi. Padahal sebenernya tidak, udah pernah gue tulis tentang ini (https://vivilispayenti.wordpress.com/2020/04/30/781/). Well, bulan mei semua karyawan ditempat gue dinonaktifkan statusnya dan gue termasuk salah satu yang masih lanjut sampai bulan agustus. Nah, jeda antara bulan mei sampai agustus ini adalah keputusan yang mengubah hidup gue kedepannya gimana. Semenjak bulan mei makin hari makin berkurang orang-orang yang kerja tergantung divisi mana yang masih jalan dan dibutuhkan. Awalnya gue memutuskan untuk ikut pindah ke tempat kerja yang masih dalam naungan manajemen yang sama. Semangat gue masih 100%, gue support semua-semua yang dibutuhkan untuk pindah tapi lama kelamaan kok kek ada yang beda gitu. Seiring berjalannya waktu udah 3 bulan gue masih lanjut sampai pada dititik yang gak bakal gue lupain, gue dihadapkan pada pilihan ikut pindah atau gak. Dengan segala pertimbangan yang gak main-main mikirinnya, menguras emosi juga akhirnya gue memutuskan untuk tidak ikut pindah. What the reason ? Gak perlu diexplain lah ya :D. Tapi gue bersyukur banget atas keputusan gue untuk tidak pindah ini dan terima kasih sudah meyakinkan gue untuk tidak pindah * wink* . Dan akhir bulan agustus gue bener-bener off dan ganti status jadi jobseeker. Ingat jobseeker bukan jobless.

Ngapain aja dari awal september ? Ya nyari kerja lah maemunah. Pesimis gak sih nyari kerja di tengah pandemi gini ? Oooo……pastinya !! Gue tipe orang yang kalo ngelamar kerja better pake e-mail ngirim lamaran atau paling gak isi form di website gitu. Dan gue kurang percaya apply lamaran lewat jobstreet gitu karena gue udah kayak hopeless aja kalo lihat 1 job vacancy yang ngelamar ribuan dong. Hadeeeh, kebayang aja HR-nya gak bakalan ngeproses sebanyak itu. Tapi ternyata gue akhirnya keterima lewat salah satu platform jobseekers itu sendiri. Mulai lah tu gue update CV dari isi sampe designnya juga, apakah cukup ? Tidak pemirsa, sempat salah satu mantan bos gue ngereview CV gue dan dia kasih masukan-masukan supaya CV gue “ngejual” dan bikin yang baca tertarik dan gue rombak berkali-kali itu CV. Gue masih menganut kepercayaan kalo kita giving good impression ke orang, pasti sebaliknya orang bakalan begitu juga. Ya contohnya kejadian diatas. Setelah itu gue setiap hari mantengin loker dan gue punya target minimal apply 2 lamaran setiap hari. Selain apply lamaran ngapain aja ? Berhubung gak bisa kemana-mana juga kan ya mau liburan duitnya ada, keadaan yang tidak mengijinkan ya terpaksa dirumah gue cari kegiatan lain selain rebahan. What it is ? Sebelum gue off gue nyoba buat daftar program pemerintah kartu prakerja karena waktu itu heboh banget yang daftarnya banyak. Ya gue manfaatinlah ya, siapa tau jebol kan lumayan duitnya. Gue daftar dan alhamdulillah lolos, gue ambil program belajar data science. Btw, program prakerja ini bukan untuk jobseeker aja yang masih kerja juga bisa ikut karena ini program nambah skill soalnya gue daftar pas gue masih kerja. Setelah itu, insentif mulai cair tuh tiap bulan 600rbu selama 4 bulan. Gue baca-baca komen di IGnya prakerja banyak yang gak lolos, problem pas pelatihannya bahkan insentif gak cair-cair. Alhamdulillah pas diakun gue lancar jaya sampai insentif cair. Dan januari besok adalah terakhir gue dinafkahi sama pemerintah hahaha. Terima kasih pemerintah, sudah memberikan tambahan uang jajan buat gue.

Selama #dirumahaja gue juga nambah skill baru yaitu gue belajar merajut dong. Kursus ? Gak, cuma modal nonton youtube doang. I’m so prooooouuud of myself. Sebenernya tu gue dari dulu pengen banget bisa ngerajut karena ngeliat tante gue sama temen gue bisa merajut ngeliatnya tu kek girly and talented banget gitu lo. Muna banget gak sih reason gue untuk bisa merajut ya hahaha. Gue beli lah alat-alat buat merajut trus berbekal tutorial dari youtube selama 3 hari nonstop akhirnya gue bisa walaupun berujung jari-jari gue kram dan pegel-pegel parah karena belum terbiasa. Yap bener bisa karena terbiasa, siang malam gue ngerajut dari yang gak tahu awalnya mau dijadiin apa akhirnya bisa jadi something. Rasanya ah mantap. Dan ini adalah salah satu hal yang gue syukuri selama pandemi, kalo gak gini gue gak tau kapan bakalan mulai untuk belajar ngerajut. Let me show you the result.

Yang ini sampe sekarang gue belum tau mau dibikin apa

Lumayan hasilnya bisa bikin buat diri sendiri secara kalo beli harganya lumayan kan ya bund, kan ceritanya lagi ngirit jadi jobseeker. Oke lanjut, gue sempet bikin challenge buat diri gue sendiri pas 3 bulan gue harus terima offering letter dari tempat kerja yang baru. Kalo ditanya selama 3 bulan pernah dipanggil gak buat interview apa test secara kan lagi pandemi gini pasti banyak yang collapse perusahaan ? Gue kasih tau ya jangan pesimis dulu bund, nothing impossible kalo lu usaha plus doa. Kalo menurut gue, usaha berbanding lurus sih sama kesempatan. Semakin banyak usaha lu apply lamaran, makin banyak kesempatan lu untuk diinterview kalo gagal ya gak apa-apa habisin jatah gagal lu. Ntar pasti ada kesempatan untuk keterima. Dan jangan lupa diiringi dengan doa. Apalagi dimasa sulit gini, gue setiap mau test pasti minta doain sama nyokap bokap gue. Karena ibarat kita udah usaha plus doa baru 70% nah 30% nya doa orang tua cuy. Mendadak religi gue, eh gak lo tapi ini beneran kok. Selama 3 bulan itu gue proses ditolak dan menolak, dari proses test dan interview itu gue bisa nilai sih mana HR yang bener-bener memanusiakan jobseeker mana yang anggap jobseeker kek rendah banget keliatannya. Gak mau spill perusahaan mana cuman mau ngasih tau aja lu dulu juga sebelum diposisi sekarang lu juga jobseeker jadi perlakukanlah orang dengan baik. Sebenernya bukan gue sih yang ngalamin ini cuman gue ngeliat sendiri cara recruitmentnya gak manusiawi banget, gue termasuk kandidat yang lolos dulu cuman karena ngelihat cara dia menolak jobseeker yang tidak lolos sangat tidak beretika gue memutuskan mundur dan gak datang untuk test selanjutnya tapi tentu dengan bahasa dan cara yang sopan. Karena citra perusahaan itu pertama dilihat dari cara HR nya gimana dengan calon karyawannya. Sampai pada akhirnya, pas 3 bulan gue menemukan tempat kerja baru yang alhamdulillah klik. Thanks God. Sebenernya setelah gue terima offering letter ditempat yang baru, gue Alhamdulillahnya lagi masih dapat invitation test, interview dan malah ada yang udah sampai ngasih nominal untuk ngerecruit gue. Tapi gue gak mau serakah, ini aja udah bersyukur. Akhirnya gue tolak dengan sopan email-email para HR itu. Satu lagi sih etika menolak tawaran kerja itu juga penting, walaupun kita berhalangan hadir atau menolak kasih tau dengan bahasa dan cara yang sopan. Kenapa ? Karena kita gak tahu nantinya apakah kita bakal kerja sama dengan mereka atau mungkin suatu saat kita ngelamar lagi ditempat mereka. Biasanya kandidat yang tidak memberikan respons ketika diinvite akan diblacklist gitu, setau gue ya.

Selama jadi jobseeker gue tandai setiap hari buat motivasi jangan lama-lama jadi jobseeker sama gue tandai juga kapan gue ikut interview dan test. Ini sih yang gue inget aja sebenernya hahaha. Ada juga test online yang gue lupa nandainya. Mohon maaf tulisan kek cakar ayam karena emang gak niat buat ditulis 😀

Oh iya selain itu gegara pandemi ini dan selama jadi jobseeker gue jadi balik lagi ngikutin K-Drama yang padahal dulu udah gak pernah gue sentuh. Terakhir gue nonton K-Drama itu pas masih kuliah tahun 2013/2014 gitu, gue bukannya gak suka tapi gak mau aja habis nonton K-Drama ntar jadi bucinan oppa-oppa itu. Ngabisin energi sumpah bucin sama oppa-oppa korea ampe kebawa mimpi, untungnya sih gue gak sampe gila. Eh sekarang mulai lagi gegara di twitter tu trendingnya korean semua ya mau gak mau kepo dong gue, awalnya cuma liat-liat doang tapi kok lama-lama seru juga dan ngikutin lagi. Seketika explore di instagram gue berubah algoritmanya menjadi berita tentang K-Drama. Tapi kali ini gue tidak sebucin dulu mungkin karena udah bisa berfikir realistis kali dan satu lagi juga gue mulai melanjutkan ke wibuan gue yaitu nonton anime lagi, salah satunya Attack on titans anime yang bikin gue mikir ampe stress ini ceritanya ujungnya gimana. Well, keknya gue udah terlalu banyak nyeritain the journey of 2020 versinya gue. Kalo ditarik kesimpulannya gue cuma mau ngungkapin :

  1. Di 2020 ini gue sangat amat lebih aware lagi dengan kesehatan.
  2. Di 2020 ini gue bisa nambah skill baru gue.
  3. Di 2020 ini gue jadi melek sama yang namanya hemat untuk masa depan. Yang dulunya kalo mau apa tinggal beli, akhirnya sadar makin kesini dana darurat itu penting banget. Dan bener sih mental miskin dan mental kaya itu sangat beda dengan realita yang dilihat.
  4. Di 2020 ini gue dapat keluarga baru ditempat kerja baru.
  5. And many thing happened in 2020.

For myself, terima kasih sudah bertahan sejauh ini. Gue inget dulu pas nulis blog untuk tahun baru 2020 (https://vivilispayenti.wordpress.com/2020/01/05/twenty-twenty/) bilang kalo di 2020 gelombangnya bakalan dahsyat. Dan sekarang gue berharap gelombang nya akan melandai dan tenang. Amiiin. Resolusi ditahun 2021 tentunya pasti ada, tapi apapun itu tetaplah sehat dan kuat duhai sayang (gegara dengerin prambors lagunya yura) 😉

Thank you for being part of my 2020.

Leave a comment